BNPB Tambah Dukungan Penanganan Darurat Erupsi Lewotobi Laki-Laki

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT
Sumber :
  • ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Padang31 Januari 2024 - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah dukungan Dana Siap Pakai (DSP) senilai 250 juta kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur untuk percepatan penanganan darurat erupsi gunungapi Lewotobi Laki-Laki.

Dampak Gempa Garut Bertambah, 110 Rumah Rusak dan 8 Orang Luka

Dukungan DSP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M., kepada Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi di sela Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Alam Erupsi Gunungapi Lewotobi Laki-Laki di aula kantor Bupati Flores Timur, Selasa (30/1).

Dukungan DSP dari BNPB merupakan kali kedua diserahkan kepada pemda setempat menyusul adanya peningkatan status gunungapi Lewotobi Laki-Laki dari level III ‘Siaga’ menjadi level IV atau ‘Awas’ yang kemudian berdampak kepada kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Dukungan yang kedua ini diberikan sekaligus untuk melengkapi segala hal yang masih dibutuhkan selama masa tanggap darurat berlangsung. Suharyanto memastikan Dana DSP ini langsung dapat digunakan dan tidak menunggu proses pencairan.