Jenderal Fadil Imran, Keturunan Raja Gowa yang Menjadi Kabaharkam Polri

Kabaharkam Komjen M Fadil Imran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

PadangKepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Fadil Imran, ternyata merupakan keturunan Raja Gowa ke-9, Daeng Matanre Karaeng Manguntungi Tumapa'risi' Kallonna.

Polri Buka Pintu Bagi Penyandang Disabilitas, Terobosan Baru Dalam Sejarah Rekrutmen

Komjen Fadil Imran lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 14 Agustus 1968. Ia merupakan putra dari pasangan H. M. Idris dan Hj. Sitti Siada Dg Siang.

Hj. Sitti Siada Dg Siang merupakan keturunan langsung dari Daeng Matanre Karaeng Manguntungi. Hal ini terlihat dari pohon silsilah keluarga yang tertulis dalam buku dengan judul 'Daeng Siang Sang Penerang'.

335 Personel Dikerahkan Amankan TPS di Kalteng, Kapolda Tekankan Netralitas

Daeng Matanre Karaeng Manguntungi merupakan raja yang sangat berpengaruh di Kerajaan Gowa. Ia berhasil memperluas daerah kekuasaan Gowa dan menjadikannya salah satu kerajaan terkuat di Nusantara.

Kerajaan Gowa juga merupakan salah satu kerajaan yang pertama kali memeluk Islam di Sulawesi Selatan. Hal ini terjadi pada tahun 1605, ketika Raja Gowa ke-14, Mangenrangi Daeng Manrabia, mengucap syahadat.

10 Terduga Teroris JI di Solo Raya Punya Peran Berbeda

Keturunan Raja Gowa yang menjadi Kabaharkam Polri ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Ia diharapkan dapat melanjutkan perjuangan para leluhur dalam membangun bangsa dan negara.