Rumah Sakit Terbesar di Gaza Diubah Jadi Barak Militer, 70 Petugas Medis Ditahan

Tentara Israel
Sumber :
  • Antara Photo

Padang – Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa tentara Israel telah mengubah Rumah Sakit Nasser di Khan Younis menjadi barak militer. Sebelumnya, rumah sakit ini telah menjadi target serangan oleh tentara Israel dan kini telah sepenuhnya tidak berfungsi.

Babe Haikal Klarifikasi Video Nongkrong di Pizza Hut: Jangan Salah Boikot

"Sebanyak 70 petugas medis telah ditahan oleh tentara Israel di fasilitas tersebut," ujar juru bicara kementerian, Ashraf al-Qudra, seperti dilansir dari Anadolu, Kamis, 22 Februari 2024. Menurut laporan Anadolu, kompleks ini juga dinyatakan "tidak mampu menangani kasus-kasus yang membutuhkan perawatan klinis yang ekstrem," tambahnya.

Nasser Medical Complex, yang merupakan rumah sakit terbesar di Gaza, Palestina, merupakan pusat layanan kesehatan utama di bagian selatan Jalur Gaza.

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Pasukan Israel melakukan serbuan ke rumah sakit pada Kamis, 15 Februari lalu, menangkap beberapa orang di RS Nasser dan menahan banyak staf medis di sana.

Militer Israel mengklaim sedang memburu para militan di Nasser dan telah menangkap 100 orang di tempat tersebut.

Padang Panjang Gelar Kajian Ramadan dan Workshop Menghafal Al-Qur'an bersama Imam Gaza

Mereka juga melaporkan membunuh orang-orang bersenjata di sekitar rumah sakit dan menemukan senjata di dalamnya. Sejak serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober, Israel telah melancarkan serangan di Jalur Gaza. Serangan tersebut telah menewaskan hampir 29.000 orang dan menyebabkan kehancuran besar serta kekurangan kebutuhan pokok. Sebaliknya, kurang dari 1.200 orang Israel diketahui telah tewas dalam serangan Hamas.

Perang Israel di Gaza telah mengakibatkan 85% populasi wilayah itu mengungsi secara internal, di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang kritis.

Halaman Selanjutnya
img_title