Penjelasan Ahli Soal Pancaran Cahaya Gunung Marapi Yang Tampak Dari Segala Penjuru

Volcanic Glow Gunung Marapi
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – GunungApi Marapi, Sumatera Barat kembali mengalami kejadian letusan dan hembusan Kamis malam, 29 Februari 2024. Bahkan, pancaran cahaya (volcanic glow) berwarna jingga kemerahan terlihat dari segala penjuru. 

Gunungapi Ruang Turun Status ke Level III

Menurut Ahli Vulkanologi Pusat Vukanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dr. Devy Kamil Syahbana, volcanic glow sendiri adalah istilah vulkanologi yang berarti cahaya yang diakibatkan panas dari magma yang keluar ke permukaan kemudian membakar udara di sekitar sehingga tampak terang.

"Bahwa fenomena itu dapat diindikasikan adanya sistem terbuka, yang mana dengan begitu maka magma dapat dengan mudah naik ke permukaan. Diharapkan hal itu menjadi pertanda energi dapat berangsur dikeluarkan dan cepat habis,"kata Devy Kamil, Jumat 1 Maret 2024.

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia

Ia menejelaskan, fenomena ini diakibatkan panas dari magma yang keluar permukaan, membakar udara di sekitar, sehingga tampak terang. Ini mengindikasikan sistem terbuka, dengan sistem terbuka, magma bisa dengan mudah naik ke permukaan.

"Mudah-mudahan saja dengan cara seperti itu energinya cepat habis,” tutup Devy.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang