Lapas Suliki Ciptakan Batik Tulis Motif Jeruji dan Miliki Hak Paten

Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Sulili saat membatik
Sumber :
  • Istimewa

Padang –  Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki ciptakan inovasi dalam pembinaan kemandirian warga binaan yaitu dengan pelatihan membatik bersama Batik Gambir Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bupati Safaruddin Ingatkan Wali Nagari Untuk Fokus Pada Program Prioritas Pembangunan

Kegiatan membatik tersebut berlangsung selama dua kali dalam sepekan yang diikuti oleh 20 warga binaan dan langsung diajarkan oleh owner batik gambir Erni Setiyaningsih, serta kedua pegawainya Eri Nanda dan Gushendra.

Kepala Lapas Kelas III Suliki Kaesworo mengatakan pelatihan membatik dilakukan dengan metode batik tulis menggunakan canting listrik dan berbahan lilin ini serta menggunakan pewarna alami dari tanaman gambir.

Lapas Kelas III Suliki Latih WBP Jadi Kader Kesehatan Untuk Antisipasi Penyakit Menular

"Sebelumnya, kegiatan ini sekaligus mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan dan menjelang berbuka puasa, tapi kini kalau ada pesanan atau permintaan dari luar, biasanya kita langsung melakukan pembuatan batiknya," kata Kamesworo, Kamis 1 Agustus 2024.

Ia menjelaskana bahwa motif batik tulis jeruji besi yang diciptakan di Lapas Suliki juga sudah terdaftar dalam legalitas Hak Ciptanya.

Puluhan WBP Lapas Suliki Terima Remisi HUT RI ke-79, 2 Orang Langsung Bebas

"Kegiatan membuat batik tulis ini juga memiliki manfaat melatih kesabaran dan ketelitian, secara tidak langsung mempengaruhi mental emosionalnya untuk stabil dan fokus dalam proses pengerjaan membatik," kata Kamesworo.

Menurutnya, pemilihan motif jeruji besi merupakan ciri khas dari lembaga pemasyarakatan yang lahir dan dibuat oleh para warga binaan.

Halaman Selanjutnya
img_title