BPJS Kesehatan Bukittinggi Tetap Hadir dan Berikan Layanan Selama Libur Lebaran Tahun 2025

Konferensi Pers BPJS Cabang Bukittinggi
Sumber :
  • Ade Suhendra

PadangBPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi tetap berikan layanan terbaik bagi seluruh peserta JKN selama libur lebaran. Hal ini disampaikan pada kegiatan Konferensi Pers yang digelar di Kantor BPJS, Rabu 19 Maret 2025.

Sambangi Rumah Warga, Cawawako Heldo Aura Fokus pada Kesejahteraan Warga

Kepala kantor BPJS Cabang Bukittinggi melalui Kepala Bagian Layanan Fasilitas Kesehatan, Elinda Rahayu mengatakan layanan JKN saat libur lebaran 2025 Tahun ini mengusung tema Mudik Bahagia, Perlindungan Kesehatan Tetap Terjaga.

"Selama cuti bersama dan libur lebaran dari 31 Maret - 7 April 2025 BPJS Kesehatan senantiasa berkomitmen memudahkan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan yang diperlukan," kata Elinda Rahayu didampingi Kepala Bagian SDM, Umum dan Komunikasi, Gusni Merdekawati, dan Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan, Randy Giovanny.

Silaturahmi dengan Warga Dadok Tunggul Hitam, Hidayat Paparkan Program Hebat Ini

Ia menjelaskan bahwa setiap tahun, jutaan masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga maka kebutuhan akan layanan Program JKN tetap ada, baik untuk keadaan gawat darurat, maupun pelayanan kesehatan rutin, ucapnya.

"Peserta JKN dapat langsung ke FKTP terdekat meski di luar domisili (FKTP terdaftar), dan dapat dilayani sebanyak 3 kali dalam satu bulan," ujarnya.

Empat Daerah di Sumbar Terima Penghargaan UHC Awards Dari Wapres Ma'ruf Amin

Menurutnya untuk tetap hadir meskipun libur lebaran maka BPJS Kesehatan memberlakukan Piket layanan di kantor cabang dan melalui pelayanan administrasi melalui whatsapp atau Pandawa. 

"Waktu piket layanan mulai tanggal 28 maret, 2,3,4 dan 7 April 2025 mulai pukul 08.00-12.00 dan jadwal pelayanan Pandawa untuk administrasi mulai pukul 08.00-17.00, untuk informasi dan pengaduan berlaku 24 jam," katanya.

Kemudian untuk jenis layanan BPJS Kesehatan juga memberikan layanan informasi, administrasi, dan penanganan pengaduan.

Selain itu, untuk memberikan informasi secara luas, BPJS Kesehatan menyebarkan informasi melalui banner, spanduk dan flyer. 

"BPJS Kesehatan Bukittinggi juga menyiapkan kanal layanan yang dapat diakses seluruh peserta JKN, yaitu melalui Pandawa, Aplikasi mobile jkn, BPJS satu, care center 165 dan website bpjs-Kesehatan.go.id," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menghimbau peserta JKN untuk memastikan status kepesertaan JKN senantiasa aktif supaya terhindar dari denda layanan rawat inap. 

"Bagi peserta JKN mandiri, jangan lupa bayar iuran sebelum tanggal 10 dan bagi pemberi kerja, segeralah tuntaskan kewajiban pembayaran iuran JKN bagi para pekerjanya sebelum memasuki cuti bersama dan libur lebaran," katanya.

Kantor cabang BPJS Kesehatan untuk Cek keaktifan status kepesertaan Anda sekeluarga melalui Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan kanal-kanal lainnya.

BPJS Kesehatan Bukittinggi juga memberikan kemudahan kepada peserta BPJS dalam mendapatkan layanan, Cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), peserta JKN bisa mengakses layanan di seluruh jaringan fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.

Kebijakan ini berlaku di seluruh di wilayah Indonesia. Tidak ada fotokopi berkas kartu JKN/KTP/KK saat peserta mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Sedangkan untuk Ketentuan pelayanan kesehatan selama libur lebaran, Peserta JKN dapat memperoleh pelayanan

kesehatan pada FKTP di tempat peserta terdaftar maupun tidak terdaftar. Data FKTP yang beroperasi dapat diakses melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 dan Mobile JKN.

Pada keadaan kegawatdaruratan medis, seluruh Faskes wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada Peserta JKN.

Jika FKTP terdaftar tidak beroperasi pada waktu tersebut atau peserta di luar wilayah domisilinya, maka dapat mengakses pelayanan pada FKTP yang buka. Untuk Mekanisme penjaminan dan prosedur pelayanan pasien gawat darurat Peserta JKN sesuai dengan ketentuan yang berlaku.