Aplikasi Ini Jadi Syarat Nikah Di Kota Padang, Wajib Download

Ilustrasi stunting. Sumber Foto/schoolofparenting
Sumber :

Padang – Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat mewajibkan warganya yang hendak melangsungkan pernikahan untuk terlebih dahulu mengunduh aplikasi  Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil). Aplikasi ini, merupakan program inovasi BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

"Aplikasi ini, merupakan sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program BKKBN.

Wajib diunduh dan digunakan sebagai salah satu syarat nikah di pencatatan sipil bagi setiap calon pengantin yang ada di Kota Padang guna membantu dalam pencegahan stunting,"kata Hendri Septa, Senin 13 Februari 2023.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Hendri Septa bilang, aplikasi Elsimil merupakan metode skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan serta edukasi perilaku hidup sehat. Sasaran utama dari program ini adalah, para remaja yang mau berumah tangga atau melangsungkan pernikahan.

Mengingat aplikasi ini sangat bermanfaat ditambah lagi kasus stunting yang masih tinggi, menurut Hendri Septa, pihaknya bakal terus mensosialisasikan kepada setiap calon pengantin untuk mengunduh aplikasi Elsimil. 

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BKKBN yang telah membuat aplikasi ini. Sabtu kemarin, kita serahkan sertifikat Elsimil kepada pasangan Emyr Hidayat dan Lavenia Musdalifah yang melangsungkan pernikahan,"tutup Hendri Septa.