Sastrawan Indonesia dan Mancanegara Bakal Ramaikan Payakumbuh Poetry Festival 2023

Lokasi helatan Payakumbuh Poetry Festival 2023
Sumber :
  • Padang VIVA

Padang – Para sastrawan Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara bakal meramaikan helatan Payakumbuh Poetry Festival (PPF) 2023. Iven yang mengusung tema Puisi Tumbuh, Bentuk Berganti itu, akan diselenggarakan pada 26 hingga 29 September 2023.

Pemko Padang Ngaku Banyak Hutang ke BPS

Penyelenggara kini, sudah mulai menyiapkan sejumlah kegiatan menarik, mulai dari pertunjukan puisi visual, diskusi puisi, hingga pertunjukan musik yang berangkat dari puisi.

"PPF ini hadir dengan sejumlah kegiatan baru. Di antaranya, wisata sastra dan buku puisi pilihan PPF. Ini adalah beberapa program baru di PPF 2023," kata Direktur Festival, Roby Satria, Senin 11 September 2023.

Ini Ketentuan Pendaftaran Bagi Calon Penerima KIP Kuliah Tahun 2024

Roby menjelaskan, dalam wisata sastra, para tamu undangan serta peserta festival bakal dipandu oleh panitia berkunjung ke situs-situs bersejarah yang memiliki kaitan dengan sejarah sastra, seperti rumah Chairil Anwar di Simalanggang.

Sementara untuk buku puisi pilihan PPF 2023 kata Roby, dipilih buku-buku puisi dari Sumbar dan luar Sumbar yang telah dikurasi sebelumnya. Buku-buku ini juga akan dibincangkan oleh tim kurator.

Pendaftaran Program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 Resmi Dibuka

Menurut Roby, karya-karya pemenang Sayembara Cipta Puisi PPF 2023 dengan tema khusus yakni Distopia yang sebelumnya telah dipilih sebelumnya oleh tim juri, juga akan dibincangkan dalam satu diskusi khusus. Tim juri sayembara akan membacakan dan mendiskusikan catatannya atas karya-karya terpilih.

Seperti tahun sebelumnya kata Roby, PPF 2023 juga masih melibatkan siswa. Di samping masih menggelar sayembara penulisan puisi untuk siswa, kali ini para sastrawan undangan akan bertandang langsung ke sejumlah sekolah untuk berbagi pengalaman mengenai dunia kesusastraan dan berdiskusi dengan para siswa.

Halaman Selanjutnya
img_title