Status Gunung Marapi Masih Berada di Level Siaga

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Berdasarkan hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Jumat, 26 Januari 2024 pukul 08.00 WIB, aktivitas Gunung Marapi, Sumatera Barat masih berada di level III alias siaga.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Penyusun laporan Pos Pengamat Gunung Marapi, Teguh Purnomo mengungkap, secara meteorologis, cuaca di sekitar Gunung Marapi pada pagi hari ini mendung. Angin bertiup lemah ke arah utara dengan kecepatan 0 hingga 5 knots. Sementara, suhu udara 21,3 derajat Celcius dengan kelembaban udara 85,6 persen, dan tekanan udara 684,5 mmHg.

"Secara visual, Gunung Marapi terpantau tertutup kabut. Asap kawah pun tidak teramati,"kata Teguh Purnomo, Jumat 26 Januari 2024.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Berdasarkan catatan aktivitas hari ini kata Teguh, secara seismik kita mencatat adanya 10 kali kejadian gempa vulkanik, yang terdiri dari lima kali gempa hembusan dengan amplitudo 1 milimeter dan durasi 25 sampai 39 detik.

Lalu, 2 kali kejadian gempa hybrid atau fase banyak dengan amplitudo 1 sampai 1,2 milimeter, S-P 0-2,5 detik, dan durasi 15-20 detik. Dan, 3 kali kejadian gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 1 sampai 1,1 milimeter dan durasi 9,5-13 detik. Serta, 2 kali kejadian gempa vulkanik dalam dengan amplitudo 1 hingga 3,4 milimeter, S-P 1-1,3 detik, dan durasi 9-17 detik.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

"Selain itu, kita juga mencatat tremor terus-menerus (microtremor) dengan amplitudo 0,5 sampai 1,5 mm (dominan 1 mm),"ujar Teguh.

Teguh menambahkan, berdasarkan data pengamatan tersebut, PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Halaman Selanjutnya
img_title