Harga Cabai di Padang Panjang Kian Pedas

Cabai Merah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Padang – Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako, Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Putra Dewangga mengungkap bahwa, 11 komoditas pangan di wilayahnya kini mengalami kenaikan harga. Bahkan, 7 di antaranya merupakan komoditas utama. 

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Kenaikan paling signifikan kata Putra, terjadi pada cabai hijau, cabai rawit, dan cabai merah, dengan masing-masing naik Rp8 ribu, Rp12.500, dan Rp17.667 perkilogram.

"Kenaikan harga cabai disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak menentu di sentra produksi dan permintaan yang meningkat. Pemerintah Kota Padang Panjang akan segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kenaikan harga cabai ini,"kata Putra Dewangga, Senin 26 Februari 2024.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Selain cabai, kata Putra, harga daging ayam broiler dan telur ayam ras juga mengalami kenaikan. Hal ini diindikasikan terjadi akibat kenaikan harga pakan jagung, sehingga biaya operasional peternak meningkat dan berimbas pada harga jual.

Komoditas utama lainnya seperti beras, gula pasir, tepung terigu, daging sapi, dan bawang putih masih stabil di pasaran.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Pemerintah Kota Padang Panjang mengimbau masyarakat untuk berbelanja bijak dan hemat, serta memanfaatkan program-program pemerintah seperti operasi pasar untuk mendapatkan harga pangan yang lebih terjangkau,"tutupnya.

Berikut rincian harga beberapa komoditas pangan di Padang Panjang:

Halaman Selanjutnya
img_title