Tips Mengkonsumsi Daging Kurban Sehat dan Aman di Hari Raya Idul Adha

Rendang Daging
Sumber :
  • shutterstock.com/g/Zulaika+Sukma

PadangHari Raya Idul Adha identik dengan berbagai hidangan lezat berbahan daging kurban. Rendang, bakso, soto, sate, dan gulai adalah beberapa contoh hidangan yang digemari banyak orang.

Raja dan Sultan Dari Penjuru Nusantara Ikut Tradisi Makan Bajamba

Di Kota Padang Panjang misalnya, tradisi memasak daging kurban juga tak luput dari kemeriahan perayaan Idul Adha.

Dokter Umum Klinik Pratama Assyifa dan Klinik Sikes Secata B Rindam I/Bukit Barisan, Dr. Syukria Fitri, memberikan beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan saat menikmati hidangan daging kurban.

MUI Gerang Rumah Sakit Medistra Batasi Penggunaan Hijab

Menurutya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi tubuh saat banyaknya hidangan lezat berbahan daging. Di antaranya, perhatikan dulu kondisi tubuh kita, bagaimana kesehatan kita, apakah kita punya penyakit berisiko atau tidak.

Selanjutnya kata Syukria Fitri, masaklah daging hingga matang sempurna agar terbebas dari bakteri penyebab penyakit dan hindari pengolahan secara berlebihan. 

Viral, Rumah Sakit Medistra Larang Pakai Hijab ?

"Akan lebih baik diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang agar nutrisi di dalam daging tidak berkurang atau hilang. Jangan lupa kita batasi juga porsi mengonsumsi daging atau jangan memakan daging secara berlebihan," kata Syukri Fitri, Rabu 19 Juni 2024.

Selain itu kata Syukria Fitri, iringi juga dengan banyak minum air putih dan memakan serat seperti sayuran dan buah-buahan agar BAB tetap lancar. 

Halaman Selanjutnya
img_title