Gubernur Sumbar Sebut Rumah Syuting Film Siti Nurbaya di Depok Bakal di Revitalisasi

Tangkapan Layar Cuplikan Film Siti Nurbaya
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, berencana merevitalisasi rumah Siti Nurbaya yang menjadi tempat syuting film legendaris asal Minangkabau. Rumah ini, terletak di Studio Alam LPP TVRI Depok, Jawa Barat

46 Pelajar SMP di Kabupaten Pasaman Keracunan Makanan

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut bahwa rencana revitalisasi ini bertujuan untuk menjaga kelestarian bangunan bersejarah dan sekaligus menyediakan ruang bagi masyarakat khususnya perantau Minang yang ada di Depok untuk berkegiatan.

"Nantinya, rumah Siti Nurbaya akan dibuka untuk umum dan diharapkan menjadi tempat berkumpul bagi masyarakat Minang yang berada di perantauan," kata Mahyeldi, Senin 22 Juli 2024.

Kejati Selidiki Dugaan Korupsi di Koni Sumatera Barat

Mahyeldi bilang, perantau Minang memberikan kontribusi besar bagi daerah, sehingga sudah sepantasnya Pemprov Sumbar memberikan perhatian lebih kepada mereka.

"Pemprov Sumbar akan mengawalinya dari Depok, dan kedepannya hal yang sama juga akan diupayakan di daerah lain," ujar Mahyeldi.

Mal Pelayanan Publik di Padang Panjang Mulai Beroperasi

Diketahui, rumah Siti Nurbaya sudah  berdiri di Studio Alam LPP TVRI Depok sejak era tahun 1990. Pemprov Sumbar memandang revitalisasi ini dirasa perlu dilakukan untuk menjaga kondisi bangunan dan membuatnya lebih menarik bagi pengunjung.

Film Siti Nurbaya merupakan sebuah film jadul yang diangkat dari novel yang ditulis oleh Marah Rusli. Novel ini diterbitkan oleh Balai Pustaka, penerbit nasional negeri Hindia Belanda, pada 1922. 

Halaman Selanjutnya
img_title