Anak Nagari Gotong Royong Persiapkan Festival Maek di Limapuluh Kota

Persiapan Festival Maek
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Menjelang gelaran Festival Maek 17 hingga 20 Juli 2024, masyarakat bergotong royong di sekitar area festival, di Jorong Koto Tangah, Nagari Maek. Rute menuju area festival pun turut dibuat bersih dan nyaman bagi pengunjung dan tamu festival.

MASA Site-Specific Performance di Menhir Maek

"Ini adalah salah satu bentuk dukungan masyarakat terhadap festival Maek. Masyarakat Maek sangat mendukung festival ini. Niniak Mamak, Cadiak Pandai, hingga jajaran pemerintah,"kata Wali Nagari Maek, Efrizal Hendri Dt Patiah, Rabu 17 Juli 2024.

Meskipun pada awalnya sempat ada friksi dalam masyarakat Maek, katanya melanjutkan, semua pada akhirnya dapat dikoordinasikan. Intinya kita mendukung, sangat mendukung, selagi tujuannya untuk kebaikan bersama. Kita dukung penuh. 

Festival Maek 2024 Resmi di Helat

Sedari awal kata Efrizal Hendri, anak nagari Maek turut menginisiasi Festival Maek. Dalam Focus Discussion Group (FGD) yang digelar di Maek pada Juli 2023 lalu, perlunya sebuah festival untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya Maek. Tidak hanya ke masyarakat Indonesia, namun juga ke warga dunia. 

Selain turut menginisiasi festival, anak nagari Maek juga ikut berpartisipasi sebagai penampil dalam festival. Beberapa kesenian tradisi yang hidup di Maek akan dipertunjukan dalam festival, seperti ‘Rabab Maek’. 

Festival Maek 2024 Dibuka, Peradaban Maek Diprediksi Ada Sejak 4000 tahun SM

Di samping itu, anak nagari Maek juga membuat karya pertunjukan bersama dengan komposer dan koreografer dari Indonesia, Jerman, dan Australia. Mereka adalah Sendi Oryzal, Jefriandi Usman, Bianca Sere Pulungan, dan Janette Hoe, yang berkolaborasi dengan 20 anak nagari Maek untuk membuat seni pertunjukan bertajuk “MASA”. 

Seni pertunjukan kolaboratif itu akan ditampilkan di malam pembukaan dan penutupan Festival Maek. 

Halaman Selanjutnya
img_title