Bencana Galodo Sungai Manau Ditangani Cepat, Pemkab Solok Selatan Kirim Alat Berat dan Bantuan Beras

Bupati Solok Selatan, Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bergerak cepat dalam menangani bencana galodo di Sungai Manau, Nagari Pakan Rabaa Utara. Bupati Solok Selatan, Khairunas, langsung mengirimkan alat berat untuk membantu pemulihan infrastruktur di wilayah tersebut.

Solok Selatan Gencar Tingkatkan Sektor Pertanian dan Perikanan, Cari Dukungan Kementerian

"Pemerintah tidak tinggal diam. Begitu mendapat laporan dari Pak Wali Nagari, kami langsung kerahkan alat berat untuk menyelesaikan masalah ini," kata Bupati Khairunas dikutip dari keterangan resminya, Jumat 7 Juni 2024.

Penggunaan alat berat ini kata Khairunas, merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Solok Selatan dalam melayani masyarakat. Khairunas juga mengapresiasi upaya sigap dari berbagai pihak, mulai dari tingkat nagari hingga OPD terkait seperti BPBD dan Dinas Sosial, dalam penanggulangan bencana galodo.

Kristian Obajel S dan Elfita Zulayka Terpilih Jadi Duta Genre Solok Selatan 2024

Sebelumnya, Wali Nagari Pakan Rabaa Utara, Gusparizal, menyampaikan bahwa material batu-batuan besar yang terbawa arus galodo telah menghambat aktivitas pertanian warga di Mudiak Sungai Manau.

Selain pengerahan alat berat, Pemkab Solok Selatan juga memberikan bantuan beras kepada 2.268 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Bantuan ini merupakan tahap kedua untuk periode April-Juni 2024, dengan total 12.105 KPM di Solok Selatan yang akan menerimanya.

Distribusi Air Untuk Korban Banjir Lahar Dingin Sudah 265.000 Liter 

Khairunas berharap bantuan beras ini dapat meringankan beban masyarakat, terutama dalam menghadapi pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi. Lebih lanjut, Pemkab Solok Selatan juga memberikan bantuan bibit tanaman kepada masyarakat terdampak galodo.

"Mari kita jaga lingkungan dan bergotong royong untuk mencegah terjadinya bencana," tutup Khairunas.