Solok Selatan Gencar Tingkatkan Sektor Pertanian dan Perikanan, Cari Dukungan Kementerian

Khairunas (kiri)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menunjukkan komitmen kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor unggulan, yaitu pertanian dan perikanan.

Penyusunan KLHS Solsel, Prioritaskan Isu Strategis dan Berkelanjutan

Bupati Solok Selatan, Khairunas, menyebutkkan dalam pertemuan dengan Dirjen Budidaya Perikanan KKP beberapa lalu, Khairunas menyampaikan bahwa sektor perikanan di Solok Selatan memiliki potensi besar, didukung oleh sumber daya air yang melimpah dari belasan sungai.

"Namun demikian, realisasi produksi perikanan masih di bawah target dan belum memenuhi kebutuhan ikan di daerahnya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tingginya harga pakan pabrikan yang membebani para pembudidaya ikan,"kata Khairunas, Jumat 14 Juni 2024.

Wakil Bupati Solsel Instruksikan Evaluasi Menyeluruh Penyelenggaraan Pendidikan

Oleh karena itu, Khairunas berharap KKP dapat memberikan dukungan, bimbingan, dan pembinaan dalam upaya meningkatkan hilirisasi dan produksi perikanan di Solok Selatan.

Di Kementan, Khairunas dan jajarannya berdialog dengan Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma. Dalam diskusi tersebut, terungkap bahwa Solok Selatan membutuhkan solusi untuk meningkatkan nilai jual produk hasil pertaniannya, seperti jagung, padi, kopi, dan kelapa sawit.

Hasil Autopsi Kematian Bocah 13 Tahun di Padang Belum Keluar 

Khairunas berharap Kementan dapat membantu memfasilitasi hilirisasi produk pertanian di Solok Selatan, agar petani dan masyarakat dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Meskipun tergolong sebagai kabupaten yang masih muda, Solok Selatan menunjukkan semangat pantang menyerah dalam mengejar kemajuan.

Halaman Selanjutnya
img_title