Eksplorasi Puspa Langka di Balik Kanopi Hutan Cagar Alam Maninjau

Rafflesia Tuan Mudae Di Cagar Alam Maninjau
Sumber :
  • padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Peneliti Bunga langka Rafflesia Asal Sumatra Barat, Welly Yelvia Sartika, menyimpulkan bahwa Kawasan Hutan Cagar Alam Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, merupakan salah satu surga bagi bunga Rafflesia.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Menurut Welly, berdasarkan data penelitian yang pernah ia lakukan, distribusi bunga Rafflesia di kawasan Cagar Alam Maninjau ditemukan di 13 titik sebaran, termasuk di Nagari Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya dan Nagari Baringin Kecamatan Palembayan. Ditemukan sebanyak 35 individu Rafflesia dalam kondisi satu mekar, 10 pasca mekar, 16 knop hidup, dan delapan knop dalam kondisi yang sudah mati.

"Selama penelitian, saya menemui 13 titik sebaran, dan ini merupakan jumlah yang sangat besar jika dibandingkan dengan daerah lain di Sumatera Barat. Cagar Alam Maninjau dapat dianggap sebagai surganya bunga Rafflesia," kata Welly Yelvia Sartika, Sabtu 11 November 2023.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Welly menjelaskan bahwa, Rafflesia merupakan tumbuhan unik dengan organ tubuh yang sederhana, terutama dikenal dengan bunganya yang besar dan efisien. Tumbuhan ini hanya memiliki kuncup tanpa batang, daun, atau akar. Haustorium, jaringan yang mirip akar, berperan dalam menghisap sari makanan dari tumbuhan inangnya.

"Tumbuhan ini termasuk dalam famili rafflesiaceae, sangat langka, dan terancam punah. Hanya terdapat 25 jenis famili rafflesiaceae di daerah tropis Asia Tenggara, khususnya di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Filipina," ungkap Welly.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Bunga Rafflesia Tuan Mudae. Foto by Andri Mardiansyah

Photo :
  • -

Welly menyebutkan bahwa perkembangbiakan Rafflesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tumbuhan inang, kedekatan dengan sumber air, jenis vegetasi, hewan penyerbuk, iklim, tanah, topografi, dan aktivitas manusia. Dia juga menegaskan bahwa bunga Rafflesia termasuk dalam kategori tumbuhan langka yang dilindungi menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Halaman Selanjutnya
img_title