Sah! Shayne Pattynama Resmi Menjadi WNI

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama Shayne Pattynama
Sumber :
  • Pssi.org

PADANGPemain Naturalisasi Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia diambil sumpahnya sebagai WNI pada Selasa (24/1), di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta.

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Pemain yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu ditemani oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

"Alhamdulillah Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita.Terima kasih kepada Bapak Presiden, juga kepada DPR, Komisi III, Komisi X, Menpora, dan semua," ujar Mochamad Iriawan dilansir dari situs resmi pssi.org pada Rabu, 25 Januari 2023.

Tetap Waspada: Jokowi Ingatkan Sektor Jasa Keuangan RI di Tengah Ketidakstabilan Global

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Presiden Jokowi Resmikan 26 Rumah Sakit TNI, Termasuk 2 di Padang

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI, Ibnu Chuldun mengatakan bahwa dengan ini Shayne, resmi sebagai Warga Negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam surat keputusan.

Halaman Selanjutnya
img_title