Latihan Keras Jelang Laga Indonesia vs Curacao Ala Shin Tae-Yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • AP Photo/Suhaimi Abdullah

PadangShin Tae-yong memberikan menu latihan standar tinggi kepada anak asuhnya jelang FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 24 September 2022. Hal ini diutarakan oleh Elkan Baggott.

Elkan salah satu pemain yang dipanggil masuk skuad menghadapi Curacao. Akan ada dua laga yang dijalani oleh Skuad Garuda. Tiga hari setelah main di Stadion GBLA, kedua tim bertemu lagi di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Elkan mengatakan, kondisi para pemain saat ini dalam keadaan bugar. Mereka siap untuk bertanding menghadapi Curacao dan menargetkan kemenangan.

Kesiapan para pemain dalam menjalani latihan intensitas berat dari Shin Tae-yong tak lepas dari rutinitas mereka bermain di kompetisi bersama klub. Sehingga begitu datang, tidak ada yang bermasalah.

"Kondisi tim bagus dan bugar semua. Kami semua bertanding di Liga jadi kami semua datang ke sini dalam kondisi bagus," kata Elkan kepada PSSI TV.

"Latihannya keras, namun intensitasnya bagus. Standar latihannya juga tinggi. Itu bagus untuk kami," imbuh bek berusia 19 tahun tersebut.

Memberi menu latihan intensitas berat sepertinya menjadi agenda utama Shin Tae-yong. Karena dia ingin para pemain dalam kondisi yang sama ketika pertandingan nanti. 

Elkan juga menyadari pentingnya hal tersebut. Menurut dia, ketika kekuatan tim timpang, itu malah akan jadi masalah dan merugikan secara keseluruhan. Tapi jika semuanya dalam kondisi yang sama, permainan akan menjadi semakin baik. 

Performa terbaik dari setiap pemain pun bisa dimaksimalkan. "Hanya intensitas. Karena jika satu orang tidak memiliki intensitas yang sama dalam tim, maka tim akan menderita," tuturnya. 

"Kami harus ada dalam kondisi yang sama. Bersama maka kami bisa memperlihatkan performa terbaik," tambah Elkan. 

Timnas Curacao bukanlah lawan yang mudah untuk dihadapi oleh Indonesia

Secara peringkat ranking FIFA, mereka lebih unggul, karena saat ini di urutan 84. Sedangkan Indonesia masih berada di posisi ke-155. 

Tapi kemenangan menjadi wajib bagi Indonesia dari FIFA Matchday kali ini. Karena inilah kesempatan untuk bisa memperbaiki ranking FIFA.