Erupsi Marapi Meningkat, BPBD Sumbar Siapkan Puluhan Ribu Masker

Erupsi Gunung Marapi, Selasa 10 Januari 2023
Sumber :
  • Padang Viva/Adi Prima

Padang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat, mulai menyiapkan puluhan ribu masker yang akan didistribusikan kepada masyarakat di zona merah gunungapi Marapi menyusul, terjadinya peningkatan aktivitas vulkanologi. Tercatat, sejak  Sabtu kemarin hingga kini, sudah lebih dari 77 kali Marapi mengalami erupsi.

Gunungapi Ruang Turun Status ke Level III

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatra Barat, Rumainur, masker disiapkan sebagai salah satu bentuk antisipasi menghadapi kemungkinan terburuk. BPBD Tanah Datar, sebelumnya juga sudah mengajukan permintaan tambahan masker dengan jumlah mencapai 20 ribu.    

"Sudah, permintaan masker dari BPBD Tanah Datar sudah diajukan ke Provinsi. Jumlahnya 20 ribu. Hanya saja, apabila memang nanti dibutuhkan, yang akan kita distribusikan tentu tidak sebanyak permintaan. Karena, ketersediaan masker kita juga terbatas. Kita belum melakukan pengadaan masker,"kata Rumainur, Selasa 10 Januari 2023.

Tragedi Banjir Lahar Dingin Semeru: 3 Warga Lumajang Meninggal Dunia

Selain masker kata Rumainur, permintaan untuk tenda dan perlengkapan lainnya juga sudah ajukan ke kita. Hanya saja, sama dengan masker. Akan didistribusikan apabila benar-benar dibutuhkan.

"Khusus untuk tenda dan pelerlengkapan penunjang lainnya, akan ditempatkan di titik-titik yang memang dibutuhkan. Di distribusikan jika memang dibutuhkan. Saat ini, masih belum,"ujar Rumainur.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Tanah Datar, Yusnen menyebut jika sampai saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi khususnya di Pos Pengamatan Gunung Marapi. Koordinasi ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan terbaru aktivitas erupsiu Marapi.  

Halaman Selanjutnya
img_title