Detik-detik Dua Warga Jorong Nyaris Terseret Banjir Bandang

Banjir bandang terjang rumah warga di Kabupaten Solok, Sumbar.
Sumber :
  • VIVA Padang /Andri Mardiansyah

PADANG - Banjir bandang menerjang warga Jorong Dalam Koto, Kenagarian Surian, Kecematan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada Selasa, 21 Maret 2023. Dalam peristiwa tersebut setidaknya ada 5 rumah yang tidak bis dihuni.

Perang Sarung Fenomena Baru di Kota Padang Yang Bisa Picu Gelombang Tawuran

Selanjutnya, selain infrastruktur rumah yang rusak akibat diterjang banjir bandang, harta benda yang dimiliki juga hilang lantaran terbawa arus banjir. Permintaan akan kebutuhan itu, kian mendesak apalagi kamis besok warga setempat sudah mulai menjalani ibadah puasa.

Reni Yuningsih salah satu warga setempat menceritakan detik-detik peristiwa mencekam itu terjadi. Menurutnya, galodo atau banjir bandang itu, datang secara tiba tiba. Bahkan, dua warga setempat nyaris terseret dan tertimbun material. Untung saja, masih berhasil di selamatkan dan hanya mengalami luka pada bagian kaki akibat terkena pecahan kaca.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

"Setidaknya ada 5 rumah warga yang kini tidak bisa di huni karena kondisi nya rusak. Untuk sementara, kami mengungsi di rumah kerabat terdekat,''ujar Reni pada Rabu, 22 Maret 2023.

Reni menambahkan, saat ini sangat membutuhkan bantuan pemerintah untuk membangun kembali rumah. Hantaman kayu besar dan batu, mengakibatkan dinding rumah hancur, lumpur menumpuk.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Sebelumnya, banjir bandang yang menerjang Nagari Desa Surian tersebut, terjadi lantaran dipicu tingginya curah hujan pada Selasa kemarin. Data sementara yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, 10 unit rumah warga mengalami kerusakan, dua kendaraan roda dua hanyut dan dan satu unit jembatan putus.