Oknum Polisi Tembak Warga, Kapolda Papua Minta Maaf

Ilustrasi Penembakan
Sumber :
  • Pixabay

PADANG – Nasib tragis dialami Stevanus Wilil (22) tewas usai tertembak oknum Polisi yang terjadi di Kampung Mulima, Jalan Trans Wamena – Kurulu, Distrik Libarek, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Senin 10 April 2023.

Kontak Senjata di Papua Pegunungan: Pasukan TNI Lumpuhkan 5 Anggota KSTP

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakiri, menyesalkan adanya penembakan yang dilakukan oknum anggota Polisi terhadap seorang warga di Wamena, sehingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Kapolda menyampaikan permohonan maaf atas penembakan warga atas nama Stevanus Wilil (22) yang terjadi di Kampung Mulima, Jalan Trans Wamena – Kurulu, Distrik Libarek, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Senin 10 April 2023.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

“Saya selaku Kapolda menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar yang tertembak. Ini sangat disayangkan,” ujar Kapolda, Mathius Fakiri, kepada awak media usai memimpin serah terima jabatan beberapa pejabat di Mapolda Papua, Sabtu, April 2023.

Fakiri mengaku telah memerintahkan Kabid Propam untuk melakukan penanganan serius terhadap anggota yang melakukan penembakan itu.

Walinagari Tak Kunjung Dilantik, Warga Protes ke Camat Koto XI Tarusan

“Saya tadi sudah ingatkan para Kapolres untuk ingatkan anggota jangan jadi Polisi yang koboi. Karena saya sudah berulang kali mengingatkan anggota kita harus lakukan pendekatan humanis. Jadi polisi di tanah Papua harus lebih sabar melihat kasus-kasus ,” tutur Fakiri dilansir dari laman VIVA Sabtu, 15 April 2023.

Ia mengaku, sudah berulang kali menginstruksikan pada anggotanya agar polisi di Papua menjadi anggota yang humanis. “Restorative selalu utamakan dan pendekatan hukum yang humanis harus dilakukan, ” ujar Fakhiri.

Halaman Selanjutnya
img_title