Kontak Senjata di Papua Pegunungan: Pasukan TNI Lumpuhkan 5 Anggota KSTP

Pasukan TNI Lumpuhkan 5 Anggota KSTP
Sumber :
  • Puspen TNI

Padang – Kontak senjata antara pasukan TNI dan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan ter jadi pada Kamis 14 September 2023. Dalam insiden ini, pasukan TNI berhasil melumpuhkan lima anggota KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).

Terkait Pemberian Gelar Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo, Kritik Muncul atas Kenaikan Pangkat

"Kelimanya dievakuasi setelah kejadian kontak tembak antara TNI dan KSTP," kata Dansatgas Yonif 7 Mar, dalam keterangan tertulisnya Jumat kemarin.

Dansatgas Yonif 7 Marinir menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi di Kali Braza, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada hari Kamis sekitar pukul 09.00 WIT. Kelima jenazah telah dievakuasi ke rumah sakit, dan saat ini mereka berada di RSUD Dekai untuk dilakukan autopsi.

Panglima Mutasi dan Rotasi Jabatan Strategis TNI

Selain berhasil melumpuhkan 5 anggota KSTP, prajurit TNI juga mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk 2 magazen (jenis SS1 dan AK-47) dengan 4 butir peluru, 1 unit HT, Pisau/Parang, beberapa asesoris lambang bintang kejora, dan barang-barang milik pribadi.

"Semua barang bukti tersebut telah diamankan di Polres Yahukimo untuk kepentingan penyelidikan," tambahnya.

335 Personel Dikerahkan Amankan TPS di Kalteng, Kapolda Tekankan Netralitas

TNI tetap konsisten berada di barisan terdepan dalam melaksanakan tugasnya untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, khususnya terkait aksi-aksi yang terjadi selama ini di Papua.