Yanuar Prihatin: Jaga Stabilitas Politik Jelang Pemilu 2024

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin
Sumber :
  • DPR RI

Padang – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan, kebebasan, dan kenyamanan jelang Pemilu 2024. Menurut dia, ketiga hal tersebut merupakan parameter dalam menjaga stabilitas politik Tanah Air.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

 "Sebab ini adalah tahun politik, maka semua pihak menurut saya mencoba mengendalikan tiga parameter berada di dalam keadaan yang seimbang, yakni keamanan terjaga, kebebasan tidak terdistorsi, tidak terancam, dan kenyamanan bisa didapatkan siapa pun," kata Yanuar di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Politisi Fraksi PKB ini mengungkapkan, faktor-faktor yang mendorong terganggunya stabilitas politik itu bisa datang dari mana saja. Sebab, banyak hal tak terduga yang mungkin bisa terjadi pada tahun politik menjelang Pemilu 2024.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

"Contoh misalnya, ketika satu kelompok, satu individu merasa terancam kebebasannya oleh kelompok lain, kalau individu lain karena dianggap berbeda pandangan, berbeda pendapat, berbeda haluan maka ini adalah potensi terjadinya ketidakbebasan," jelas Yanuar.

 Selain itu, dia menyebut gangguan stabilitas politik bisa datang dari kebijakan yang dikeluarkan lembaga-lembaga negara yang bersinggungan langsung dengan wilayah politik.

Dugaan Kecurangan Pemilu: Agus Rahardjo Laporkan ke Bawaslu RI

"Stabilitas terganggu atau stabilitas terpelihara, antara lain karena ada ilustrasi kebijakan yang tidak kompatibel dengan situasi atau keadaan," ucap Yanuar.

Jika hal tersebut terus dipaksakan, menurutnya, maka terjadi turbulensi yang akan berpotensi mengganggu stabilitas. 

Halaman Selanjutnya
img_title