Kolaborasi Lintas Batas: Mahasiswa Indonesia dan Jepang Bangun Warisan Budaya Minangkabau

Mahasiswa Osaka University mengolah makanan tradisional Minangkabau
Sumber :
  • Humas Unand

Padang – Dalam sebuah sinergi menarik yang merangkai budaya, dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sastra Minangkabau Universitas Andalas (Unand) berkolaborasi dengan 16 mahasiswa dari Universitas Osaka, Jepang. Mengangkat kegiatan summer course dengan tema “The Exotic of Maninjau” dari tanggal 22 sapmai 31 Agustus 2023.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Kegiatan kolaboratif pada Minggu kemarin, merupakan rangkaian acara summer course, menjadikan pusat perhatian kepada kekayaan budaya Minangkabau dan upaya untuk mendorong sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Khususnya, Kabupaten Agam dengan cakrawala yang memukau dan Maninjau yang mempesona.

"Kegiatan ini merupakan bentuk peran aktif progam studi sastra Minangkabau Unand, dan seluruh civitas akademik Sastra Minangkabau dalam mensukseskan program-program pemerintah," ungkap Yerri Satria Putra, Ketua Program Studi Sastra Minangkabau dalam rilisnya.

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

Kolaborasi lintas negara ini, dijelaskan Yerri tak hanya menelusuri dan pendataan terhadap kekayaan budaya Minangkabau di kawasan tersebut, tetapi juga turut memberi edukasi kepada masyarakat sekitar. 

"Melalui dialog dan penyuluhan, tujuan utamanya adalah memperkuat pemahaman tentang potensi kuliner dan budaya Minangkabau yang dapat menggerakkan sektor pariwisata yang tengah berkembang," lanjutnya.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Juga, buku-buku karya dosen Program Studi Sastra Minangkabau diserahkan sebagai sumbangan untuk Rumah Baca Buya Hamka. Yerri berharap buku-buku ini akan menambah koleksi bacaan keminangkabauan yang dimiliki oleh rumah baca tersebut.