Udara di Padang Alami Penurunan Kualitas, Warga Diimbau Kenakan Masker 

Udara di Padang Alami Penurunan Kualitas
Sumber :
  • Viva Padang/Syaugi

Padang – Kualitas udara di Kota Padang telah mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon, mengungkapkan keprihatinannya atas situasi ini dan mengimbau warga untuk mengambil langkah-langkah perlindungan diri.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Jika melihat trend nilai ISPU untuk parameter PM10 dan PM2.5, terlihat sedikit peningkatan trend nilai ISPU sejak tanggal 1 Agustus 2023 dibandingkan tanggal 31 Agustus 2023. Hal ini berarti ada sedikit penurunan kualitas udara di Kota Padang terutama terkait dengan partikulat atau debu," jelas Mairizon dalam rilis resmi, dikutip Senin 4 September 2023.

Berdasarkan data dari Stasiun AQMS di Padang, Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kota Padang berada dalam kategori sedang. Data menunjukkan bahwa parameter kualitas udara, khususnya PM2,5 (partikel debu berukuran 2,5 mikrometer), telah meningkat sejak tanggal 30 Agustus 2023.

Bupati Solok Selatan Instruksikan Penyaluran Beras Bantuan Harus Segera Dilakukan 

Udara di Kota Padang Alami Penurnan Kualitas

Photo :
  • Viva Padang/Syaugi

Partikel debu ini dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk kebakaran hutan dan lahan dari kota tetangga, pembakaran sampah rumah tangga, pembakaran jerami di pertanian, dan emisi kendaraan di jalan raya.

Sekda Padang Sebut Data Adalah Kompas Arah Strategi Pembangunan

"Untuk mengatasi dampak dari penurunan kualitas udara ini, sebaiknya masyarakat mengenakan masker," ajak Kadis DLH. 

Selain itu, DLH Kota Padang juga mendorong warganya untuk aktif dalam penanaman pohon dan perawatannya, karena pohon memiliki peran penting dalam mereduksi polusi udara.

Halaman Selanjutnya
img_title