Senator Jakarta Sebut Publik Juga Menunggu Deklarasi Cawapres Lain

Tangkapan layar Acara deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin di Surabaya
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris menyebut, usai deklarasi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diharapkan  mampu memicu poros atau koalisi lain untuk segera menetapkan dan mendeklarasikan juga capres dan cawapresnya. 

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Menurut Fahira, semakin cepat publik mengetahui siapa saja pasangan kandidat yang akan berlaga pada Pilpres 2024 semakin baik, agar memberi waktu yang luas  kepada publik menguliti rekam jejak dan gagasan para pasangan.

"Partai politik atau gabungan partai politik yang saat ini sudah membentuk poros atau koalisi diharapkan segera mendeklarasikan pasangan capres dan cawapresnya,"kata Fahira Idris, Senin 4 September 2023.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Fahira bilang, antusiasme rakyat terhadap Pemilu terutama Pilpres 2024 cukup besar. Antusiasme ini, harus dimanfaatkan sebagai pendidikan politik. Oleh karena itu, ia berharap poros atau koalisi lain tidak menetapkan pasangan capres dan cawapres di last minute atau di akhir masa pendaftaran, tetapi sebelum masa pendaftaran dimulai. 

"Ini penting agar rakyat punya waktu lebih panjang menilai siapa yang paling rasional dia pilih memimpin Indonesia lima tahun mendatang," ujar Fahira.

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

Fahira Idris menambahkan, masa kampanye Pilpres 2024 yang hanya akan berlangsung selama 75 hari, yaitu 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 terbilang singkat bagi publik untuk menilai terlebih jika ada lebih dua pasangan capres dan cawapres.

Oleh karena itu, semakin cepat capres dan cawapres deklarasi, maka semakin panjang waktu bagi publik menggali rekam jejak dan gagasan calon pemimpin mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title