Sumbar Siap Jadi Destinasi Wisata Halal Unggulan, MHF 2023 Akan Dihadiri Wapres

Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat konferensi pers MHF 2023
Sumber :
  • Dok. Biro Adpim Sumbar

Padang – Kegiatan Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang, pada 8 sampai 10 September mendatang, memantapkan dan memperkuat Sumbar menuju provinsi terdepan dalam wisata halal.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Trend wisata halal menjadi harapan banyak negara muslim. Kehadiran festival ini di Sumatera Barat akan semakin memantapkan dan memperkuat Sumbar menuju provinsi terdepan dalam wisata halal," ucap Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam konferensi pers nya Senin kemarin. 

Dalam acara tersebut, Mahyeldi bilang, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin diagendakan akan meresmikan pembukaan Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023. Kemudian mengapresiasi MHF 2023 yang dinisiasi oleh UNP melalui Pusat Kajian Halal (PKH) UNP.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"UNP menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar, serta event organizer nasional yang sudah berpengalaman," terang Mahyeldi.

Sementara itu, Fitriati Rahma, pelaksana kegiatan dari Syakaa Organizer, menegaskan bahwa MHF 2023 menjadikan Sumatera Barat sebagai yang pertama dalam penyelenggaraan festival halal di luar Pulau Jawa.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Kami memilih Sumbar sebagai pusat wisata halal, itulah alasannya. Acara ini juga akan menjadi berbeda dibandingkan dengan acara sebelumnya di Jogja dan Surabaya. Selain itu, acara ini akan mencakup penyerahan sertifikasi halal kepada UMKM dan menyelenggarakan olimpiade halal yang diikuti oleh siswa SMA dan SMK di seluruh Sumatera Barat," jelas Fitria.

MHF adalah Festival Halal terbesar di Sumatera Barat, tawarkan 30 lebih kegiatan, 14 industri halal, 140 stan UMKM, serta bintang tamu termasuk Opick, Syekh Muhammad Jaber, Dhini Aminarti, dan Dimas Seto. Acara ini gratis, menghadirkan stand UMKM kuliner, fashion, dan hiburan.