Pasukan Cordon, Protokol Kenegaraan Acara Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN

Barisan Pasukan Cordon saat persiapan acara gala dinner.
Sumber :
  • Dok. Setkab RI

Padang – Sebagai malam Gala Dinner KTT ASEAN ke-43 bergema di Jakarta, sorotan tak hanya tertuju pada kemegahan acara tersebut dan penampilan gemerlap Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi dalam pakaian adat Betawi

Tekad Prabowo Subianto Hilangkan Kemiskinan Dari Bumi Indonesia

Di balik panggung, ada kelompok prajurit istimewa yang tak kalah penting, Pasukan Kehormatan, yang juga dikenal sebagai Pasukan Cordon. Mereka adalah garda terdepan dalam menjaga kehormatan kenegaraan dalam berbagai acara resmi, termasuk Gala Dinner pada 6 September 2023 ini.

Ketika Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) mengenakan busana adat Betawi yang memesona, Pasukan Cordon telah siap untuk memainkan peran penting mereka dalam acara Gala Dinner KTT ASEAN yang megah ini.

Lautan Manusia Mulai Padati GBK di Acara Kampanye Akbar Prabowo-Gibran

Pasukan Cordon adalah prajurit terlatih dari TNI Angkatan Darat yang mengemban tugas istimewa dalam menjaga protokol kenegaraan. Dalam konteks Gala Dinner KTT ASEAN ke-43, tugas utama mereka adalah memberikan penghormatan militer kepada para kepala negara dan pemimpin delegasi negara-negara ASEAN serta mitra internasional yang hadir.

Letda CPM Sumarjo Sianturi, Komandan Pleton Pasukan Kehormatan Cordon, menjelaskan pentingnya peran mereka.

Hindari Ruas Jalan Sekitar GBK dan JIS Hari Ini, Ada Kampanye Akbar Pilpres 2024

"Dalam tugas Pasukan Cordon adalah untuk menyambut kedatangan kepala-kepala negara yang hadir dalam KTT ASEAN ke-43," terang Sumarjo. 

Mereka mengenakan seragam khusus berwarna hitam yang membedakan mereka dari pasukan lainnya, menjadikan mereka sebagai penanda khas dalam acara kenegaraan.

Halaman Selanjutnya
img_title