Polda Sumbar Siapkan Pengamanan Ketat untuk Pemilu 2024

Simulasi Sispamkota untuk pengamanan pemilu 2024
Sumber :
  • Humas Polda Sumbar

PadangPolda Sumatera Barat (Sumbar) telah memulai persiapan serius untuk pengamanan Pemilu tahun 2024 dalam rangka Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024. Kesiapan ini ditunjukkan melalui pelaksanaan Simulasi Sispamkota yang baru-baru ini dibuka oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, di Landasan Udara Sutan Syahrir, Padang, pada hari Kamis 12 Oktober 2023.

Ketua DPRD Solsel Sebut Ramadan Momentum Persatuan Masyarakat Pasca Pemilu

Simulasi Sispamkota merupakan langkah penting dalam memastikan kesiapan Polda Sumbar dan instansi terkait untuk menjaga keamanan selama Pemilu 2024. Dalam simulasi ini, patroli skala besar melibatkan unsur-unsur penting seperti Polri, TNI, Satpol PP, Basarnas, Damkar, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan.

Selain itu, simulasi ini juga menguji kesiapan personel dalam melindungi Calon Presiden selama kampanye, baik dalam situasi aman maupun menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi. Penanganan pasca pemungutan hasil sidang pleno KPU serta respons terhadap aksi unjuk rasa juga menjadi fokus simulasi ini.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, menggarisbawahi pentingnya latihan dan persiapan yang matang. 

"Simulasi Sispamkota ini merupakan latihan penting bagi Polri dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu," ujarnya. 

Dugaan Kecurangan Pemilu: Agus Rahardjo Laporkan ke Bawaslu RI

Dia juga menekankan harapannya bahwa situasi sebenarnya selama Pemilu nanti akan berjalan dengan jauh lebih lancar daripada apa yang diuji dalam simulasi.

Simulasi Sispamkota ini melibatkan perwakilan Forkopimda Sumbar, KPU Sumbar, Bawaslu Sumbar, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, dan Pejabat Utama Polda Sumbar, dan menegaskan komitmen Polda Sumbar dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 di wilayah hukum mereka.