Jokowi Ajak Masyarakat Tanam Pohon Atasi Perubahan Iklim dan Polusi Udara di Jabodetabek

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Humas KLHK

Padang – Presiden RI Joko Widodo melakukan penanaman pohon bersama masyarakat di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, Rabu kemarin. Pohon yang ditanam Jokowi jenis pohon Pulai.

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing, baik di rumah, sekolah, maupun tempat kerja. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dan polusi udara di Jabodetabek.

"Gerakan Tanam Pohon Bersama ini merupakan salah satu upaya memperbaiki kualitas udara dan lingkungan secara umum di Jabodetabek,"kata Jokowi dikutip dari siaran persnya, Kamis 30 November 2023. 

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Penanaman pohon di Jabodetabek kata Jokowi, memiliki beberapa manfaat penting dalam pengendalian pencemaran udara di Jakarta seperti, membantu penyerapan gas buang, mengurangi partikel debu dan polusi udara, mengurangi panas dan efek pulau panas, menyediakan habitat untuk hidupan liar.

Selain itu, juga mampu meningkatkan kesejahteraan psikologis dan, mengurangi kebisingan. Jokowi menyebut jika kegiatan menanam pohon ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan dilakukan serentak bersama-sama di seluruh Provinsi di Indonesia

Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Langkah, Antisipatif Menuju Implementasi Program Unggulan

"Di Jakarta saja ada kurang lebih 900 titik yang dilakukan penanaman,"tutup Jokowi.