Salam 4 Jari Menggema di Jagat X Jelang Pilpres 2024

Simbol Salam Empat Jari
Sumber :
  • @gitaputrid

Padang – Gerakan Salam 4 Jari mulai meramaikan jagat twitter alias X. Adalah Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) Gita Putri Damayana yang mempopulerkan istilah itu, melalui unggahan di akun X miliknya @gitaputrid, Gita putri menggunggah berapa poin penjelasan terkait dengan simbol salam 4 jari.

Polri Buka Hotline Khusus Informasi Penerimaan Anggota Baru 

Dikutip dari unggahan Gita, 4 alasan terkait dengan simbol jari itu antara lain, Kita yakin bahwa pasion No. 2 (Prabowo - Gibran) tak layak dipilih & harus dihindari.

Lalu, Kita sadar bahwa untuk mengalahkan pasion No. 2 diperlukan solidaritas rakyat yang lebih besar dari sekadar gabungan pasion No. 1 (Anies - Muhaimin) & No. 3 (Ganjar - Mahfud). 

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

Dipoin ke 3 disebutkan, Kita sadar semakin besarnya potensi untuk memaksakan kemenangan satu putaran bagi pasion No. 2. dan poin ke 4 Kita sadar banyaknya invisible hands yang tak menghendaki terbentukya koalisi pasion No. 1 & No. 3 pada putaran kedua.

Selain alasan, dalam unggahannya juga di cantumkam makna dari simbol 4 jari itu yakni, simbol menghendaki koalisi pasion No. 1 + 3 melalui tangan kita sendiri (tangan rakyat, bukan elit). Lalu, dimaknai sebagai simbol membela Sila Ke-4 Pancasila: "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan" yang berarti dari, oleh, & untuk rakyat (demokrasi) melalui musyawarah-mufakat. 

224 Siswa SMA Lolos Seleksi Paskibraka Tahap II di Solsel

Lalu pada poin ke 3, Isyarat internasional untuk tanda bahaya dan/atau meminta pertolongan. Dan makna terakhir adalah simbol asa kekuatan politik baru (ke-4) yang lebih progresif melawan oligarki & politik dinasti.

Tak cuma itu, melalui unggahannya juga menyerukan 4 hal antara lain, Please, jangan Golput! Karena dengan tidak memilih sama saja membiarkan pasion No. 2 menang. Suaramu sangat berarti. Lalu, ada seruann Pilih pasion No. 1 atau No. 3! Dan aspirasikan tuntutan-tuntutanmu pada mereka. Don't give them a blank check!. 

Halaman Selanjutnya
img_title