PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

Rangkaian KRL Commuterline
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Paramayuda

Padang – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter resmi menambah armada KRL Jabodetabek dengan memborong tiga rangkaian kereta rel listrik (KRL) baru dari produsen kereta asal China, CRRC Sifang. Nilai kontrak pengadaan KRL ini mencapai Rp 783 miliar dengan tipe KCI-SFC120-V.

RSUD dr. Rasidin Diminta Jemput Bola dan Tingkatkan BOR

Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, menjelaskan bahwa impor kereta dari CRRC Sifang merupakan tahap akhir dari proses pengadaan armada KRL Jabodetabek. "Pengadaan ini untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pengguna Commuter Line Jabodetabek yang telah mencapai hampir 1 juta pengguna per hari," kata Asdo dalam keterangannya, dikutip Jumat, 2 Februari 2024.

Sebelumnya, KAI Commuter telah melakukan beberapa langkah untuk menambah armada KRL, antara lain:

Pemko Padang Dorong Sertifikasi Halal: Jaminan Produk dan Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha

- Penandatanganan kerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 16 rangkaian KRL baru dengan total investasi hampir Rp 3,83 triliun.

- Penandatanganan kerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 19 rangkaian KRL Retrofit dengan total investasi lebih dari Rp 2,23 triliun.

Semen Padang Raih Pengakuan Dunia: Arsip Indarung I Jadi MOWCAP UNESCO

Seluruh pembiayaan pengadaan KRL ini berasal dari pinjaman KAI Commuter, Shareholder Loan dari PT KAI, dan bantuan dari Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

Asdo menjelaskan, pengadaan KRL ini dilakukan untuk:

Halaman Selanjutnya
img_title