Hilirisasi dan Pembangunan IKN Dorong Pertumbuhan Investasi Tertinggi di RI Kuartal IV-2023

Amalia A Widyasanti
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA

PadangBadan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa hilirisasi dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur menjadi sektor penyumbang pertumbuhan investasi terbesar di Indonesia pada kuartal IV-2023.

Waskita Karya Jamin 7 Proyek di IKN Rampung Semester I-2024

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, mengatakan bahwa sektor industri pengolahan menjadi yang paling banyak menyerap investasi pada periode tersebut, salah satunya didorong oleh program hilirisasi yang digencarkan pemerintah.

“Sektor yang paling tinggi dalam investasi adalah industri pengolahan, terutama terkait program hilirisasi, khususnya hilirisasi pertambangan dan pembangunan smelter,” ujar Amalia dalam konferensi pers, Senin (5/2).

Jokowi Groundbreaking Kantor Otorita IKN Nusantara Senilai Rp 509 Miliar, Target Rampung 2024

Amalia menekankan bahwa peningkatan investasi tidak hanya berasal dari pembangunan smelter, tetapi juga pengelolaan industri turunannya yang meningkatkan nilai investasi bagi Indonesia.

Selain sektor industri, Amalia menuturkan bahwa pembangunan IKN juga menjadi kontributor terbesar penyumbang investasi bagi Indonesia.

Pengangguran di Solsel Turun 1,16 Persen, Terendah Kedua di Sumbar

“Pembangunan IKN meningkatkan investasi, terutama dalam bentuk bangunan, sarana, dan prasarana infrastruktur yang dibangun di sana,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPS juga mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2023 yang tercatat sebesar 5,04% secara year-on-year (yoy), meningkat dibandingkan dengan kuartal III-2023 yang sebesar 4,94% yoy.