Penghitungan Suara Pemilu Pakistan Masih Berlangsung, Hasil Sementara Tunjukkan Persaingan Ketat

Ilustrasi Pemilu di Pakistan
Sumber :
  • Al Jazeera

Padang – Komisi Pemilihan Pakistan (ECP) masih belum mengumumkan hasil resmi pemilu meskipun sudah tiga hari setelah pemungutan suara berlangsung. Penundaan ini terjadi karena ECP masih mengumpulkan hasil dari beberapa konstituen.

Angka Partisipasi Pemilu 2024 di Padang Panjang 84 Persen

Dari 264 kursi di Majelis Nasional, 258 kursi sudah dimenangkan. Pemilu di dua konstituen ditunda karena meninggalnya salah satu kandidat dan tidak lengkapnya pemungutan suara.

Hasil sementara menunjukkan persaingan ketat antara partai-partai besar. Calon independen, yang sebagian besar didukung oleh partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), memimpin dengan 103 kursi.

Walikota Padang Klaim Partisipasi Masyarakat Meningkat di Pemilu 2024

Partai Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif berada di posisi kedua dengan 77 kursi, diikuti oleh Partai Rakyat Pakistan (PPP) yang dipimpin Bilawal Bhutto Zardari dengan 54 kursi.

Partai regional Gerakan Muttahida Quami (MQM) secara mengejutkan memenangkan 17 kursi. Lebih dari 20 kursi lainnya dimenangkan oleh partai regional dan politik religius.

Pakar Politik Unand Minta Masyarakat Bersabar Menunggu Hasil Resmi Pemilu 2024

Menurut Geo News, 93 dari 102 calon independen berasal dari partai PTI. Empat calon independen telah bergabung dengan PML-N, meningkatkan kekuatan partai itu menjadi 77 kursi.

Sebuah partai membutuhkan 169 kursi di Majelis Nasional yang beranggotakan 336 orang untuk membentuk pemerintahan dengan mayoritas sederhana.

Halaman Selanjutnya
img_title