Kesalahan Ketik Perhitungan Suara TPS: Paslon 02 di Tangsel Diperbaiki dari 889 menjadi 86

Hasil C1 di TPS 34, Rawa Rengas, Ciputat, Tangsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Padang – Perhitungan suara pada lembar C1 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34, Rawa Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, mengalami kesalahan input untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Berdasarkan data, pada lembar C1 tercatat bahwa pasangan Prabowo-Gibran memperoleh total 86 suara. Namun, disalahketik menjadi 886.

Program Makan Siang Gratis dan Susu Anak Budiman Sebut Langsung Dilaksanakan Pasca Pelantikan

Muhammad Acep, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan, saat dikonfirmasi mengenai kesalahan tersebut, menjelaskan bahwa pihaknya telah meminta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk memverifikasi insiden tersebut. Hasil verifikasi membenarkan adanya kesalahan penulisan, di mana seharusnya tercatat 86, namun tertulis sebagai 886. "Saya telah meminta Panwascam Ciputat Timur untuk menindaklanjuti. Dan memang benar, terjadi kesalahan penulisan dari 86 menjadi 886," ungkapnya pada Kamis, 15 Februari 2024.

Mengatasi situasi tersebut, Bawaslu melalui Panwascam meminta perbaikan pada kesalahan penulisan tersebut dalam hasil lembar C1. "Sudah diperbaiki, hasil perbaikannya telah dicatat dengan tanda silang," tambahnya.

Kapolda Sumbar Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024

Hasil perbaikan menunjukkan bahwa di TPS 34 kawasan Rengas, Ciputat Timur, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, sebenarnya mendapatkan 86 suara. Sementara Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar memperoleh 98 suara, dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD meraih 57 suara.