Presiden Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat Losari Makassar

Presiden meninjau SPAL-DT Losari
Sumber :
  • Biro Pers Setpres

PadangPresiden Joko Widodo meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024). Sistem pengelolaan air limbah cair menjadikan air agar ramah lingkungan serta meningkatkan kualitas air, dan kesehatan masyarakat.

Liga 1 Korea Selatan, Pratama Arhan Absen di Laga Perdana Suwon FC

"Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair. Agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kita," ujar Presiden.

SPAL-DT dibangun dari 2019 hingga 2023 dengan biaya Rp1,2 triliun. SPAL diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah pencemaran lingkungan di Makassar. 

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Karena kapasitasnya yang besar, sistem tersebut memberikan manfaat nyata bagi rumah tangga sekitar dan berdampak untuk masyarakat luas.

"Berkapasitas 16 ribu meter kubik per hari dengan panjang jaringan perpipaan air limbah sepanjang 96 km. Dan bisa melayani 41 ribu kepala keluarga," kata Presiden lebih lanjut.

Presiden Harap Pers Tetap Jadi Pilar Jaga Demokrasi

Presiden berpesan agar pengoperasian SPAL-DT menjadikan penanganan air limbah di Kota Makassar makin terintegrasi. Termasuk kualitas lingkungan dan taraf hidup masyarakat Kota Makassar juga makin meningkat.

"Kota Makassar makin bersih, kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air baku makin baik. Dan masyarakat makin sehat dan produktif," ucap Presiden.

Halaman Selanjutnya
img_title