Ledakan Terjadi Di Markas Brimob Polda Jatim

Situasi di depan Kantor Subdensi Pom Detasemen I Polda Jawa Timur
Sumber :
  • Antara/Ho

PadangLedakan terjadi di area Kantor Subdensi Pom Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Jawa Timur, Surabaya, Senin, 4 Maret 2024. Informasi yang dihimpun, ledakan itu terjadi pada pukul 10.19 WIB.

Gempa M6,5 di Jatim: 4.679 Rumah Rusak, 33.535 Warga Mengungsi

Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto menyebut, ledakan itu diduga berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan atau didisposal. 

"Jadi, kebetulan Jibom Gegana Polda Jatim ini belum memiliki gudang yang standar, jadi sisa-sisa bahan peledak itu disimpan di sebelah kantornya, pagi tadi meledak," kata Imam Sugianto sebagaimana diberitakan laman VIVA, Senin 4 Maret 2024.

Gempa Magnitudo 6,0 Tuban Rusak Sejumlah Fasilitas Bangunan

Ia menyebut, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ledakan tersebut. Hanya berdampak terhadap kerugian material kantor dan satu unit kendaraan pelengkap untuk menjinakkan bom.

"Alhamdulillah, sementara tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material kantor sama satu mobil yang berisi perlengkapan untuk peledakan jibom," ujarnya.

Banjir Bandang Terjang Pantura Jawa Tengah, Dua Warga Pekalongan Meninggal Dunia

Irjen Imam memastikan bahwa tim dari labfor dan Gegana dan Reskrim dari Polres Tanjung Perak Surabaya, sedang bekerja melakukan olah TKP.

"Bom ini masuk dalam kategori low explosive. Mudah-mudahan nanti setelah mendapat hasil lengkap kami akan informasikan kepada rekan-rekan media," tutupnya.