Pemuda Indonesia Berkarya, Musik Tradisional Kembali Bersinar di Lokovasia 2024

Lokovasia 2024
Sumber :
  • Kemendikbudristek

Padang – Semangat melestarikan musik tradisi Indonesia kembali berkobar di Lokakarya Konservasi dan Inovasi Musik Tradisi Indonesia (Lokovasia) 2024.

Harmony in the Pacific: Jembatan Budaya Indonesia dengan Negara Pasifik 

Ajang yang digelar di Universitas Negeri Malang ini, berhasil menyatukan para musisi muda dari berbagai daerah untuk berkolaborasi dan menciptakan karya-karya musik tradisi yang inovatif.

"Lokovasia adalah bukti bahwa musik tradisi Indonesia masih sangat relevan di era modern," kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, Kamis 5 September 2024. 

Badan Bahasa dan Komisi X DPR RI Dorong Pemutakhiran KBBI Edisi VI

Melalui ajang ini kata Mahendra, kita ingin membangkitkan minat generasi muda untuk terus melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya kita.

Menurut Mahendra, dalam Lokovasia 2024, para peserta tidak hanya belajar dari para mentor berpengalaman, tetapi juga berkesempatan untuk berkolaborasi dan menciptakan karya-karya musik baru yang menggabungkan unsur tradisional dan modern.

Pelajar Indonesia Sabet Delapan Medali di IESO 2024

Hasil karya para peserta akan dipamerkan pada akhir acara. "Kami berharap Lokovasia dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan melestarikan musik tradisi Indonesia," ujar Mahendra.

Ketua Panitia Lokovasia 2024, Setyawan Jayantoro, menyebut, terdapat empat misi utama dilaksanakannya program pada tahun ini.

Halaman Selanjutnya
img_title