Tradisi Makan Bajamba, Rombongan Mahasiswa Malaysia Apresiasi Padang Panjang

Makan Bajamba
Sumber :
  • Kominfo Padang Panjang

Padang –  Rombongan mahasiswa Politeknik Port Dickson Malaysia dan Kolej Komuniti Kuala Trengganu mengikuti kerja praktek serta penelitian ke Masjid Asasi Sigando Padang Panjang.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Kehadiran tamu dari negeri jiran itu disambut Pemko dengan tradisi Makan Bajamba, Jumat (23/6/2023) di Medan Nan Bapaneh, Kelurahan Sigando. Prosesi penyambutan tersebut mendapat apresiasi dari mahasiswa beserta rombongan.

Ketua pelaksana praktek dan penelitian Politeknik Port Dickson Malaysia Prof. Dahmir Dahlan menilai sambutan yang diberikan masyarakat Padang Panjang sangat luar biasa, khususnya oleh masyarakat Sigando.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

“Kunjungan ini merupakan kerja sama internasional yang sudah 15 tahun kami jalankan. Untuk rombongan Malaysia ini merupakan kunjungan ketiga ke Sumatera Barat. Pada kunjungan ini, kami mengunjungi Kota Padang Panjang yang sambutannya sangat luar biasa dan melebihi ekspektasi kami,” sebutnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada kunjungan kerja praktek dan penelitian ini kebanyakan diikuti mahasiswa Teknik Sipil dan Arsitektur. Mereka belajar tentang konstruksi pembangunan Rumah Gadang yang dianut orang Minangkabau.

Capres Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Tak hanya terpukau dengan struktur Rumah Gadang yang mampu bertahan di daerah rawan gempabumi, rombongan ini juga takjub dengan sambutan masyarakat setempat.

“Selain melakukan kerja praktek, kami juga bisa saling bertukar tradisi kebudayaan seperti yang dilakukan saat ini, salah satunya dalam hal masakan. Kami belajar tradisi Makan Bajamba. Mahasiswa kami juga berkesempatan menyajikan Nasi Bukhari dari Malaysia,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title