Bundo Kanduang Pariaman Utara dikukuhkan, Punya Pengaruh Bina Anak Kemenakan

Pengukuhan Bundo Kanduang Pariaman Utara
Sumber :
  • Diskominfo Pariaman

Padang – Pengukuhan Bundo kanduang kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman telah berlangsung pada Sabtu kemarin, di halaman kantor Camat Pariaman Utara. Acara tersebut dikukuhkan langsung oleh Bundo Arrahmi selaku Bundo kanduang Kota Pariaman.

Ketergantungan Dana Transfer Sangat Tinggi, Wali Kota Pariaman Janjikan Peningkatan PAD

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, Genius Umar Rang Kayo Rajo Gandam, juga Wali Kota Pariaman. Selain itu hadir Camat Pariaman Utara Ahadi Nugraha dan unsur KAN se-Kecamatan Pariaman Utara.

Ketua LKAAM, Genius dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pengukuhan tersebut, Ia mengajak Niniak mamak, Alim ulama, Cadiak pandai, Pemuda paga nagari serta masyarakat bersama-sama memajukan daerah menghidupkan nilai-nilai budaya yang agamais.

Desa Rambai Memimpin Program Penghijauan Kota Pariaman untuk Keberlanjutan

“Peranan Bundo Kanduang ini sangat banyak, membina Pendidikan anak dalam keluarga, membina Pendidikan dalam lingkungannya hingga ke tingkat kecamatan,” terangnya dikutip dalam rilis resmi Minggu 27 Agustus 2023.

Ia melanjutkan, saat ini banyak hal yang disebut polusi budaya seperti penyimpangan tata krama berbicara, etika pergaulan, sopan santun dan bermedia sosial. Hal ini menjadi tugas para bundo kanduang dan unsur niniak mamak menanamkan kaidah yang sesuai dengan Adat basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Ketua DPRD Sumbar Tampung Aspirasi Masyarakat Nagari VII Koto Talago

“Kita berharap kaum perempuan yang tergabung dalam Bundo Kanduang dapat memberikan peran aktif dalam mendukung pencapaian program pembangunan daerah,” tutupnya.