5 Negara Bakal Hadiri Festival Warisan Budaya Takbenda di Payakumbuh

Ilustrasi Kalaripayattu
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Kepala Bidang Kepala Bidang Warisan Budaya dan Bahasa Minangkabau Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Aprimas menyebut sebanyak lima negara dipastikan bakal menghadiri Festival Warisan Budaya Takbenda di Festival Warisan Budaya Takbenda (FWBTb) atau Intangible Cultural Heritage Festival (ICHF) tahun ini di kota Payakumbuh 12 hingga 17 Oktober 2023. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Kelima Negara tersebut antara lain, India, Malaysia, Singapura, Inggris dan Belanda. Mereka sudah mengkonfirmasi kedatangan. Antusiame ini di luar dugaan. Selain membuat semangat, kedatangan ini membuktikan bahwa festival seperti ini ditunggu oleh masyarakat Indonesia,"kata Aprimas, Rabu 11 Oktober 2023.

Dijelaskan Aprimas, India akan membawakan Kalaripayattu yang mendapatkan Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada 2016. Kesenian tua yang kabarnya mendahulu Kung Fu dan Karate. Sementara, Malaysia melayangkan kesenian Dondang Sayang, tradisi musik yang beralasakan pantun yang sudah mendapatkan pengakuan UNESCO pada 2020 bersama Indonesia. Negeri Singa akan mempertunjukkan Silat.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menyebut kedatangan peserta luar negeri ini untuk membentuk ekosistem festival kita. Ia melihat, Payakumbuh sangat potensi untuk menggelar festival kelas dunia. 

“Kita sedang merancang yang lebih besar tahun depan,"ujar Supardi.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Supardi juga menginfokan, festival ini merupakan satu-satunya di Indonesia memperingati 20 Tahun ICH. Makanya, momentum ini akan dijadikan jadikan langkah awal untuk terus meramaikan Payakumbuh dengan festival.

Sementara itu Donny Eros, Kurator Festival mengatakan jika proses mendatangkan peserta dari luar negeri ini bukanlah perkara mudah.  “Kami mengundang 10 negara. Separuhnya datang itu sudah kerja yang besar,”katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title