Batagak Gala di Padang Panjang, Tradisi Suku Koto Nan Baranam yang Masih Terjaga

Upacara Batagak Gala, Pelestarian Adat Suku Koto Nan Baranam
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Enam pemangku adat Suku Koto Nan Baranam Nagari Gunuang telah menghadiri sebuah upacara batagak gala yang menarik perhatian publik, Kamis 26 Oktober 2023 di RT 8 Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur. Acara ini menjadi sorotan karena menggarisbawahi upaya pelestarian budaya adat Minangkabau.

Menjelajah Warisan Budaya Minangkabau di Museum Bustanil Arifin Padang Panjang

Mereka yang dilewakan dalam upacara ini termasuk Dulfitri Datuak Maninjun, Dermaul Ikhlas, Datuak Batuah, Syahreza Syarif Labai Basa, Hendri Donand Datuak Jo Intan, Masri, Datuak Angkayo, dan Afdal Rizky,Datuak Malipuik. Mereka adalah penjaga tradisi lama yang berusaha mempertahankan warisan budaya suku mereka.

Selain pemangku adat, upacara ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, seperti Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia,  Maiharman, serta para lurah dari berbagai kelurahan di sekitar daerah tersebut.

Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

Maiharman, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, memberikan penghargaan atas terselenggaranya upacara batagak gala ini sebagai langkah penting dalam pelestarian budaya lokal

Dia bilang, "Kita mengucapkan selamat untuk pemangku adat yang dilewakan ini. Tugas Pangulu itu relatif berat. Semoga dengan kegiatan ini, ninik mamak pangulu dalam kaum dapat berperan lebih baik lagi untuk mengatasi permasalahan yang ada di kaumnya, selain tugas untuk membimbing anak dan kemanakan dari kaumnya."

Walikota Padang Sebut Generasi Muda Tak Banyak Yang Mengenal Seni Bela Tradisional