Aqua Resmi Perkenalkan Kopi Kayu Aro, Secangkir Kopi Merawat Bumi

Kopi Arabica Kayu Aro
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Danone-AQUA bersama Yayasan Nirudaya, resmi memperkenalkan Kopi Kayu Aro yang berasal dari Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa 28 November 2023. 

Dua Kelahiran Baru Orangutan Kalimantan di TN Betung Kerihun, Harapan Baru Konservasi dan Kolaborasi

Kopi Kayu Aro merupakan kopi yang ke enam setelah kopi Pandaan asal Jawa Timur, kopi Tanggamus dari Lampung, kopi Wonosobo, Jawa Tengah, kopi Cupunagara Subang, Jawa Barat dan kopi Jempanang asal Bali yang masuk dalam program kopi konservasi Tirto. 

Kopi Tirto Kayu Aro dan Kopi Kayu Aro merupakan dua brand yang diperkenalkan kepada publik. Nama Kayu Aro yang disematkan dalam kemasan tetap dipertahankan untuk mengabarkan kepada dunia jika, daerah Kayu Aro merupakan salah satu wilayah yang menghasilkan kopi premium yang memiliki cita rasa khas dan siap bersaing di pangsa pasar global.

Membandel 15 Pendaki Asal Medan Diamankan Petugas BKSDA Sumbar 

Sering dengan launchingnya kopi Kayu Aro, PT Tirta Investama Pabrik Solok l juga meresmikan rumah produksi kopi. Rumah produksi yang dimanfaatkan untuk pengolahan biji kopi Kayu Aro itu, merupakan bantuan dari program Corporate Sosial Responsibility (CSR), Aqua. 

Kepala PT Tirta Investama Pabrik Solok l, Endro Wibowo menyebut, dengan hadirnya kopi Kayu Aro dan rumah produksi kopi Kayu ini, membuktikan bahwa Aqua tidak hanya sekadar mengambil air. Namun juga berkontribusi terhadap konservasi air. Itu kenapa, kopi Tirto disebut juga dengan istilah kopi konservasi 

Siamang Jon-Cimung Dilepasliarkan di SM Isau-Isau Lahat

“Ini menjadi bagian kami bahwa Aqua tidak hanya mengolah air, tapi kami kami memiliki kewajiban untuk memasukan air ke dalam tanah. Jadi kami punya target bahwa air yang kami ambil itu dibandingkan dengan yang kami masukan itu lebih besar,” kata Endro, Selasa 28 November 2023. 

Endro menjelaskan budi daya kopi Kayu Aro ini dilakukan dengan kaidah konservasi di berbagi tangkapan air (catchment area) yakni, dengan  sistem agroforesti ramah lingkungan dan berkelanjutan yang dilengkapi dengan pembuatan torak. Sistem ini, membantu mengoptimalkan peresapan air ke tanah, sehingga berkontribusi terhadap konservasi air. 

Halaman Selanjutnya
img_title