Sudah 96 Ton Air Bersih Disalurkan Bagi Warga Padang Terdampak Kekeringan

Distribusi Air Bersih
Sumber :
  • BPBD Kota Padang

Padang – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton menyebut pihaknya sudah mendistribusikan sebanyak 96 ton air bersih bagi ribuan Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. 

Lebih Dari 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kota Padang Tahun Ini

Kata Hendri, pendistribusian air bersih itu sudah dimulai sejak pekan terakhir bulan Juli kemarin. Hingga Kamis pekan kemarin, suplai air bersih disalurkan di tiga kecamatan terdampak kekeringan, yaitu Kecamatan Lubuk Begalung, Padang Selatan dan, Kecamatan Lubuk Kilangan.

"Untuk Kecamatan Lubeg kita sudah mendistribusikan 56 ton air bersih, Kecamatan Padang Selatan 26 ton, dan Kecamatan Lubuk Kilangan sebanyak 16 ton air bersih," kata Hendri Zulviton, Senin 12 Agustus 2024.

Produksi Padi di Kota Padang Menurun

Dia menyebut bahwa, dalam pendistribusian air bersih pihaknya bekerja sama dengan PDAM Kota Padang. Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Kota Padang, total titik pendistribusian air bersih sudah dilakukan di 21 titik. 

Untuk Kecamatan Lubuk Begalung kata Hendri, titik pendistribusian adalah di Kelurahan Pegambiran dan Kelurahan Pengambiran Ampalu Nan XX. Untuk Kecamatan Padang Selatan di Kelurahan Batang Arau, Kelurahan Rawang, Kelurahan Bukit Gado-gado, dan Kelurahan Teluk Bayur. Selanjutnya, untuk Kecamatan Lubuk Kilangan pendistribusian dilakukan di Kelurahan Padang Besi.

Pemko Padang Imbau Warga Tetap Tenang Terkait Isu Gempa Megathrust

Masih adanya beberapa wilayah di Kota Padang yang masih belum turun hujan, Hendri memastikan jika BPBD tetap mengimbau warga untuk lebih efisien dalam menggunakan air. 

"Untuk warga Kota Padang yang butuh distribusi air bersih selama musim kemarau kali ini dapat menghubungi nomor telepon 085891522181 dengan cara mengirimkan surat permintaan pendistribusian air bersih dari kelurahan atau kecamatan melalui via WhatsApp,"tutupnya.