Bantai Kabau Tanda Musim Tanam Tiba di Jorong Simancuang

Warga Simancuang
Sumber :
  • Diskominfo solok selatan

Padang – Masyarakat Jorong Simancuang Nagari Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan bersuka cita menyambut datangnya musim tanam awal tahun ini. Tradisi yang lebih dikenal dengan turun ka sawah, yang ditandai dengan tradisi "Mambantai Kabau Nan Gadang", untuk ke-63 kalinya digelar warga setempat.

Pemkab Solsel Dukung Reforma Agraria Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Tradisi Mambantai Kabau Nan Gadang ini sarat dengan makna, mensyukuri segala nikmat yang dikaruniai tuhan yang maha esa. Tak hanya di Pauh Duo, tradisi ini juga dilaksanakan diseluruh wilayah Alam Surambi Sungai Pagu.

Bupati Solok Selatan yang diwakili Staf Ahli Bupati, Novirman mengatakan kegiatan ini perlu dilestarikan dan diteruskan ke generasi muda masyarakat di Solok Selatan khususnya di Pauh Duo.

Jadi yang Perdana Dikunjungi, PKK Solsel Harapkan Hasil Terbaik

"Budaya ini harus kita lestarikan, sebagai warisan budaya dan menjadi kebanggaan Kabupaten Solok Selatan," kata Novirman diRabu 25 April 2024 .

Dalam kegiatan ini turut hadir jajaran Kepala OPD, Camat Pauh Duo, Aig Wadenko, Para Wali Nagari, Bamus, Ketua KAN Pauh Duo, LSM WARSI, tokoh masyarakat, bundo kandung dan masyarakat Jorong Simancuang dan Jorong Karang Hitam. (ADV April 2024).

Pemkab Solsel Sambut Tim Auditor BPKP Perwakilan Sumbar