Daftar Tim Bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023

Ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri
Ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri
Sumber :
  • PBSI

PADANG - SEA Games ke-32 akan digelar pada 5-17 Mei di Phnom Penh, Kamboja, bulutangkis sendiri dihelat pada 8-16 Mei di Badminton Hall Morodok Techo. Sementara, Piala Sudirman 2023 berlangsung pada 14-21 Mei di Suzhou, China.

Tim bulutangkis Indonesia menanggung tugas berat di ajang SEA Games ke-32 dengan target meraih empat medali emas. Oleh karena itu, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky tidak mau main-main dalam menentukan skuad yang akan turun berlaga.

Rionny dan tim pelatih memutuskan menggabungkan kekuatan senior dan junior untuk memenuhi target tersebut. Selain itu, kekuatan tim juga terbagi dengan turnamen Piala Sudirman 2023 yang hampir berbarengan.

Chico Aura Dwi Wardoyo dan Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi ujung tombak di tunggal putra, ditemani Christian Adinata dan runner up Osaka International Challenge 2023, Alwi Farhan. Di sektor tunggal putri, kuartet Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari menjadi andalan.

Di ganda putra, duet Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dipercaya untuk mendulang medali emas, baik di kategori beregu putra maupun perorangan. Sementara di ganda putri, dipilih Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan ‘rising star’ Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Untuk ganda campuran, Merah-Putih dapat berharap pada pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

“Dengan target empat medali emas, saya rasa ini adalah tim yang kuat karena beberapa dari mereka akhir-akhir ini menampilkan prestasi yang cukup baik,” kata Rionny dilansir dari laman PBSI pada Senin, 10 April 2023.