Penampungan Limbah PT ASL Jebol, Pengamat : Tegakan Hukum Lingkungan Hidup

Ribuan ikan mati di sungai Batang Tebang Desa Cempedak Kalbar
Sumber :
  • VIVA/Ngadri

PADANG – Kolam penampungan limbah diduga milik PT Agrisentra Lestari (ASL) di Desa Cempedak, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat jebol pada Minggu, 23 April 2023. Akibatnya sungai Batang Tebang tercemar dan mengakibatkan ribuan ikan mati.

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

Pengamat Hukum dan Sosial, Herman Hofi Munafar, MH Msi MBA mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup dan pihak Kepolisian harus segera turun tangan melakukan pengecekan informasi jebolnya penampungan limbah yang diduga milik PT Agrisentra Lestari di Desa Cempedak, Kabupaten Sanggau.

‘’Kepolisian Polres Sanggau dan Dinas Lingkungan Hidup harus segera turun kelapangan merespon informasi yang sudah beredar luas di masyarakat. Apalagi akibat jebolnya penampungan limbah tersebut sudah mencemari sungai yang mengakibatkan ikan mati. Jadi Kepolisian harus segera melakukan penyelidikan dan memasang garis police line di lokasi penampungan limbah yang jebol,’’ujar Herman kepada VIVA Minggu, 30 April 2023.

Presiden Jokowi Apresiasi Semangat Optimis HMI dan KOHATI untuk Masa Depan Indonesia

Ribuan ikan mati di sungai Batang Tebang Desa Cempedak Kalbar

Photo :
  • VIVA/Ngadri

Herman menambahkan, peristiwa tanggul jebol telah menyebabkan lingkungan tercemar, sehingga tidak bisa hanya dilakukan ganti rugi. Namun mesti ada sanksi hukum kepada PT Agrisentra Lestari. Karena dari peristiwa jebolnya penampungan limbah tersebut adan unsur pidana.

Pengunjung Wisata Pantai Samudra Hilang Digulung Ombak

‘’Tidak bisa hanya sanksi denda, pertanggungjawaban mutlak ada pada perusahan, gunakan asas strict liability dalam konteks penegakan hukum lingkungan hidup,’’tambah Herman.

Lebih lanjut, Herman mengatakan, terkait penampungan limbah PT ASL jebol pihak pemberi ijin dan pihak terkait nantinnya bisa dimintai pertanggungjawaban. Lantaran akibat jebolnya limbah tersebut sudah mengakibatkan lingkungan rusak.

Halaman Selanjutnya
img_title