Ratusan Santri Padang Panjang Dibekali Pengetahuan Soal Pemilu

Sosialisasi soal Pemilu bagi pemilih pemula di Padang Panjang
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Ratusan santri di Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mendapatkan sosialisasi soal Pemilu bagi pemilih pemula. Kegiatan yang dilakukan pada Rabu kemarin, merupakan kerja sama antara pihak Pontren dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

"KPU memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan politik tentang tahapan pemilu kepada para pemilih pemula. Pemilih pemula adalah calon pemimpin masa depan dan pertama kalinya memberikan suara dalam pemilu, sehingga perlu diberi pemahaman yang baik tentang demokrasi,"kata Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia, Winda Afrizona,  Kamis 25 Mei 2023

Winda menyebut, betapa pentingnya pengetahuan tentang proses pemilihan umum (pemilu) bagi santri sebagai pemilih pemula. Menurutnya, pemilih pemula, merupakan agen sosialisasi yang kelak memberikan pendidikan demokrasi di tengah masyarakat.

Ungkap Modus Penggelembungan Suara PSI: 'Suara Tidak Sah Jadi Milik PSI', Siapkan Hak Angket

"Merekalah yang akan mengubah peta demokrasi agar lebih berintegritas dan berkualitas,"ujar Winda.

Winda menilai, kebanyakan pemilih pemula memiliki kondisi psikologis yang labil dan mudah dipengaruhi orang lain dengan informasi yang menyesatkan. 

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

"Kita berharap pemilih pemula mampu menggunakan hak pilihnya serta menguatkan keinginan untuk terus berpartisipasi pada momen pemilu selanjutnya,"tutup Winda.