Fenomena El Nino, Waspada DBD Nyamuk Dengue Mengganas saat Suhu Tinggi

Ilustrasi Nyamuk Dengue
Sumber :
  • Istimewa

Padang Merujuk pada data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada 27 November 2022 menunjukkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) periode 10 tahun terakhir mulai naik setiap bulan November.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

Puncak kasus terjadi pada Februari, dan Maret hingga April mulai terjadi penurunan kasus. Siklus tersebut terjadi selama 10 tahun terakhir.

''Ini hubungannya dengan siklus musim hujan, jadi kalau musim hujan itu karena ada genangan air maka kasusnya meningkat dan ini terjadi setiap tahun seperti ini,'' ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI dr. Imran Pambudi, MPHM.

Jokowi Pastikan Stok Beras Aman Agar Harga Terkendali

Ia mengungkapkan, nyamuk dengue akan semakin ganas bila berada di suhu cuaca yang tinggi. Masyarakat diminta semakin waspada terhadap gigitan nyamuk dengue.

Jika dilihat jumlah kasusnya dari tahun 1968, pola terjadinya kasus-kasus yang tinggi ini pada saat adanya El Nino. Suhu udara meningkat dan ada penelitian bahwa nyamuk itu semakin ganas kalau dia berada di suhu yang panas.

Jokowi Cek Stok Beras Sumbar, Salurkan BLT Rp 400 Ribu untuk Warga Terdampak El Nino

''Jadi frekuensi dia menggigit itu akan meningkat 3 sampai 5 kali lipat pada saat suhunya meningkat di atas 30 derajat,'' ujar dr. Imran pada konferensi pers ASEAN Dengue Day, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Tahun ini, ia mengimbau masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap DBD, pasalnya El Nino bisa terjadi kapan saja.

Halaman Selanjutnya
img_title