Kampus Inklusif, Universitas Andalas Terima Mahasiswa Disabilitas Melanjutkan Pendidikan

Universitas Andalas
Sumber :
  • Humas Unand

Padang – Universitas Andalas (UNAND) menjadi kampus inklusif seiring dengan berubahnya status dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Hal itu, disampaikan langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin pada kegiatan Sosialisasi dan Sarasehan bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND) Republik Indonesia di Ruang Rapat Senat lantai IV Gedung Rektorat, Selasa (4/7/2023).

Ia menyampaikan, bahwa Universitas Andalas telah mendaftar sebagai kampus inklusif pada tahun 2021, padahal sudah buka penerimaan bagi penyandang disabilitas dari tahun 2020.

Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Darussalam Solsel

“Perjalanan penerimaan mahasiswa jalur disabilitas ini memang sepenuhnya belum mulus, fasilitas belum terpenuhi semua, tetapi itu secara bertahap tentu akan terus dibenahi,” sambungnya.

Menurutnya, calon mahasiswa penyandang disabilitas memiliki kesempatan mendaftar di seluruh program studi, hanya saja, disesuaikan dengan tingkat disabilitas calon mahasiswa yang bersangkutan.

Polri Buka Pintu Bagi Penyandang Disabilitas, Terobosan Baru Dalam Sejarah Rekrutmen

"Misalnya calon mahasiswa itu mengalami cacat tangan, tentu tidak mungkin masuk kedokteran gigi yang membutuhkan kecakapan tangan," ujarnya.

Prof. Mansyurdin juga mengatakan saat ini ada 12 mahasiswa disabilitas yang menimba ilmu di berbagai Program Studi (Prodi).

Halaman Selanjutnya
img_title